Pengertian Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Pengertian Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka adalah kumpulan materi, metode, media, dan evaluasi yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan dalam kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk menyesuaikan isi, proses, dan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan karakteristik siswa, serta lingkungan sosial dan budaya.
Kurikulum merdeka bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, kemandirian, dan keterampilan abad 21 pada siswa.
Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain:
Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam mengembangkan dan menggunakan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Guru juga harus melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala terhadap perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang digunakan agar sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa.
Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain:
- Relevan dengan tujuan dan sasaran pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum merdeka.
- Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, tingkat pendidikan, dan kemampuan siswa.
- Menggunakan berbagai sumber belajar yang bermutu, valid, dan terpercaya.
- Mengintegrasikan berbagai aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai.
- Menyajikan materi secara sistematis, logis, dan menarik.
- Memfasilitasi interaksi antara guru, siswa, dan lingkungan belajar.
- Memberikan umpan balik yang konstruktif dan bermakna bagi siswa.
- Menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang variatif, inovatif, dan efektif.
- Menggunakan berbagai teknik dan instrumen evaluasi yang objektif, autentik, dan komprehensif.
Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam mengembangkan dan menggunakan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Guru juga harus melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala terhadap perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang digunakan agar sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa.